Ayat-ayat Tahayul (Mistis) dalam Alkitab

Simson (Inggris: Samson) adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna selama rambutnya tidak dicukur. (Hakim-hakim 16:1-22).

Diceritakan dalam kitab Hakim-hakim 16:1-22 bahwa Samson adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna. Dia bisa mencabut kedua daun pintu gerbang kota beserta kedua tiang dan semua palangnya, lalu semuanya diletakkan di atas kedua bahunya dan dipindahkan ke puncak gunung (ayat 3). Tapi sayangnya dia jatuh cinta kepada seorang pelacur (wanita sundal) yang bernama Delila. Delila disewa oleh raja Filistin dengan bayaran 1100 uang perak untuk mencari rahasia Samson (ayat 5).

Di atas pangkuan pelacur Delila, akhirnya Samson tergoda rayuan dan bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa jika rambut kepalanya dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia menjadi orang lemah (ayat 17). Maka setelah nabi Samson tertidur di atas pangkuan pelacur Delila, rambutnya dicukur. Lalu musnahlah seluruh kesaktian dan kekuatan Samson, (ayat 19). Kemudian kedua mata Samson dicungkil sehingga jadilah Samson buta mata akibat rahasia kesaktiannya dicukur (ayat 21).

Cerita ini adalah cerita takhayul (mistik) yang biasanya berkembang di masyarakat primitif.

2 Responses to "Ayat-ayat Tahayul (Mistis) dalam Alkitab"

  1. cerita samson adalah cerita yang benar..!!
    saya berdoa bagi yang menulis ini adalah mistis..
    semoga di berkati Tuhan!
    syarta

    ReplyDelete
  2. maaf boz, saya yakin cerita itu benar dan memang kekuatan nabi samson langsung dari TUHAN.....bedakan dengan sekarang, umat mana yg sering jual beli mirah delima, rantai babi, pring pethuk, keris, wesi kuning dll demi mendapat kekauatan anti cukur, kaya, tahan api dll.....semua itu iblis dan jin yg bergerak....dan bukannnya lebih bagus minta kepada TUHAN daripada minta kepada jin muslim/khodam yg katanya menjaga ayat2 di Quran.....klo jin kristen sih jelas gak ada krn ajaran JESUS semua jin/iblis dan keturunanya sesat gak ada yg baik...maaf klo kata2 saya agak kasar, tolong anda berkaca dahulu siapa yg anda sembah dan apa yg tiap hari anda baca.....n sapa yg menjaga ayat2 Quran.....semoga TUHAN membuka hati anda....

    ReplyDelete