Islam Ajarkan Pemberantasan Kemiskinan

By Republika Newsroom
Islam Ajarkan Pemberantasan KemiskinanJAKARTA--Agama Islam telah mengajarkan pada umatnya untuk memberantas kemiskinan. Bukan itu saja, bahkan agama-agama lain pun tidak menghalangi, tapi mendorong kemajuan ekonomi. Ini ditegaskan Kepala Badan Litbang dan Diklat Depag, Prof. Dr. Atho Mudzhar di Jakarta, Rabu (21/10). ''Islam mengajarkan bagaimana memberantas kemiskinan melalui tiga cara,'' papar Atho.

Pertama, secara perorangan, artinya bahwa seorang yang miskin harus bekerja keras untuk menghilangkan kemiskinan dirinya sendiri. Tentu saja anggota keluarganya, menurut Atho, dapat membantu.

Kedua, menurut Atho, yaitu secara sosial, artinya bahwa komunitas Islam berkewajiban membantu para anggotanya agar terbebas dari kemiskinan. ''Ini antara lain menjadi tugas ormas-ormas Islam. Caranya antara lain bisa melalui pemberian zakat, sodaqoh, hutang piutang, kerjasama perdagangan, kerjasama pengelolaan dan penyewaan harta benda bergerak dan tidak bergerak. Islam juga memerintahkan pemerdekaan hamba sahaya agar manusia memperoleh kesempatan yang sama untuk berusaha maju memberantas kemiskinan,'' katanya.

Untuk itu, menurut Atho, dituntut fungsionalisasi peran organisasi dan lembaga sosial keagamaan dengan kembali ke khittah seperti pada awal berdirinya. ''Yaitu yang berorientasi pada aspek agama, sosial, pendidikan dan ekonomi yang disesuaikan dengan tuntutan lingkungan strategis,'' tutur Atho.

Atho mencontohkan salah satunya adalah dimulai dari pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil berbasis masjid. Misalnya dengan membantu sejumlah dana untuk pemberdayaan umat di sekitar masjid dengan meminjamkan sejumlah dana sebagai modal untuk berjualan dan lainnya. ''Ini juga bisa dilakukan dengan membangun kemitraan antar organisasi dan lembaga sosial keagamaan dalam pemberdayaan sosial dan ekonomi melalui pelatihan pengelolaannya dan pendampingan,'' ungkapnya. osa/taq

0 Response to "Islam Ajarkan Pemberantasan Kemiskinan"

Post a Comment