Dakwah Harus Komprehensif

By Republika Newsroom
Dakwah Harus KomprehensifJAKARTA--Masalah yang dihadapi umat Islam sangat kompleks. Karena itu, dakwah yang disampaikan kepada umat harus bersifat komprehensif. Demikian disampaikan Sekrtaris Jendral PP Dewan Masjid Indonesia, Natsir Zubaidi, saat memberi sambutan dalam acara halal bi halal dan silaturahmi ulama serta cendekiawan muslim di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, Jumat (23/10).


Menurut Natsir, saat ini umat berada pada dua arus yang berbeda, yakni arus barat dan timur. Dia menjelaskan, arus barat membawa pengaruh sekularisme, sedangkan arus timur membawa pengaruh radikalisme. ''Karena itulah, dakwah harus dilakukan secara komprehensif,'' tegas Natsir.
Selama ini, terang Natsir, dakwah lebih cenderung hanya terbatas pada masalah akidah, akhlak, dan syariah. Padahal, sambung dia, dakwah harus pula membahas masalah muamalah, seperti sosial, ekonomi, kebudayaan, dan politik. Dengan demikian, lanjut Natsir, dakwah mampu memecahkan berbagai problematika yang melanda umat. Bahkan, dakwah pun mampu memberdayakan umat. lis/taq