Sekolah Online untuk Muslim Rumania

By Republika Newsroom
Sekolah Online untuk Muslim RumaniaBUKARES, RUMANIA--Muslim Rumania meluncurkan sebuah sekolah online untuk memberikan pelajaran agama Islam di negara-negara Eropa tenggara. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti itu mereka dapat aktif menyebarkan ajaran Islam yang sesungguhnya.

Menurut pendirinya, sekolah online ini bertujuan mengisi kekosongan institusi pendidikan Islam di negara tersebut. "Rumania tidak memiliki sekolah atau universitas Islam yang memungkinkan kaum Muslim mempelajari ajaran Islam secara mendalam dan sistematis," ujar Cherim Enghin, pendiri dan ketua Asosiasi Muslim Rumania, kepada IslamOnline.net.

Bari Nerdin, ketua Asosiasi Pemuda Muslim Rumania, mengatakan minat umat dalam belajar agama yang cukup tinggi adalah alasan didirikannya sekolah online tersebut. "Sekolah ini hadir untuk memenuhi tingginya permintaan dari para murid," ujarnya.

“Ini merupakan sekolah online pertama yang memungkinkan kaum muda Muslim Rumania untuk belajar ilmu agama Islam melalui dunia maya,” ujar Enghin.

Para murid mempelajari agama Islam selama dua tahun, termasuk Alquran, Hadis, dan hukum Islam. Kelas-kelasnya dibagi dalam tiga semester, dengan tiap semester membutuhkan waktu tiga bulan. Para murid hanya perlu membayar uang pendaftaran sebesar 25 euro melalui situs sekolah ini, asociatiamusulmanilor

Para pemimpin Muslim mengatakan bahwa sekolah online ini juga bertujuan membentengi Muslim Rumania dari ideologi ekstremis. “Banyak kaum muda Muslim yang mencari situs-situs asing untuk mempelajari agama Islam, membuat mereka rentan terhadap ide-ide ekstremis,” ujar Enghin.

“Karena itu, sekolah ini memungkinkan generasi muda di Rumania dan di luar negeri untuk mempelajari ajaran Islam melalui situsnya.”

Hal serupa juga diungkapkan Nerdin. “Sekolah ini menyediakan referensi Islam yang ilmiah dan moderat bagi kaum muda dalam bahasa mereka sendiri,” ujarnya.

“Sekolah ini juga melindungi mereka dari pencarian subyek Islam secara acak di internet.”

“Kurikulumnya sendiri membantu kaum muda untuk membangun sebuah kepribadian Islami yang terintegrasi dan memainkan peran mereka dalam masyarakat.”

Nerdin, yang juga seorang pengajar di sebuah sekolah, mengatakan bahwa mereka sedang berusaha memperoleh pengakuan resmi dari ulama Rumania dan seluruh organisasi Muslim.

“Pengakuan itu akan memungkinkan para lulusan kami menjadi imam, terutama karena banyak wilayah di Rumania yang tidak memiliki imam,” ungkapanya.

Jumlah umat Islam Rumania adalah sekitar 70.000 Muslim atau 2 persen dari total populasi Rumania, 22 juta. Sebagian besar dari populasi Muslim Rumania adalah komunitas etnis Tartar, Turki, atau Albania. iol/taq

0 Response to "Sekolah Online untuk Muslim Rumania"

Post a Comment