Alquran Pedoman Bagi Semua Umat Manusia

 Alquran Pedoman Bagi Semua Umat Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --  Intelektual Muslim Prof Dr Mansyur Ramly mengatakan, kitab suci Alquran merupakan pedoman bagi semua umat manusia.

"Alquran menjadi pedoman bagi semua umat, karena di dalamnya berisi empat pokok tuntunan," ujarnya di Makassar, Selasa.

Menurut mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini, keempat pokok tuntunan itu adalah fenomena alam yang menuntun manusia agar menyadari kekuasaan Allah SWT seperti yang tertulis pada Surat Al Imran ayat 190.

Selain itu, lanjut dia, Alquran juga berisi kisah-kisah keteladanan yang menjadi petunjuk bagi umat manusia agar menyadari posisinya di muka bumi ini.

"Salah satu dari kisah keteladanan itu digambarkan dalam Surat Al-Kahfi tentang tujuh orang pemuda beriman dengan seekor anjingnya," katanya.
Pemuda itu dengan izin Allah SWT tertidur dalam gua selama 309 tahun dari pengasingannya untuk menghindari penguasa yang lalim.

Sementara itu, lanjut Mansyur, isi Al-Quran juga menggugah kesadaran manusia bahwa dunia ini adalah jembatan emas menuju kehidupan akhirat yang abadi.

"Alquran juga mengemukakan janji dan ancaman. Hal ini penting agar manusia menyadari perbuatannya bahwa bila berbuat baik ganjarannya adalah pahala, dan sebaliknya maka diancam dengan neraka," katanya.

Menurut dia, dari empat isi pokok Al-Quran tersebut memiliki tiga pesan yakni ingin mengembalikan kesucian dan kemurnian aqidah manusia, membebaskan manusia dari kebodohan dan kemiskinan, serta ingin membebaskan manusia dari kebobrokan akhlak.

Redaktur: Heri Ruslan

Sumber: Antara

0 Response to "Alquran Pedoman Bagi Semua Umat Manusia"

Post a Comment